You are currently viewing Ormas OKP Temui Satgas Covid-19 Natuna, Minta Siapkan Lokasi Karantina Massal di Kecamatan

Ormas OKP Temui Satgas Covid-19 Natuna, Minta Siapkan Lokasi Karantina Massal di Kecamatan

Natuna, SinarPerbatasan.com – Sejumlah pimpinan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Kabupaten Natuna, bersama-sama menemui Sekretaris Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19) Kabupaten Natuna, Syawal Saleh, yang juga merupakan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Natuna.

Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Natuna, di Jalan Sudirman, Kelurahan Ranai Darat, Kecamatan Bunguran Timur, pada Senin (04/05/2020) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut sejumlah Ormas dan OKP menginginkan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Natuna segera menyiapkan lokasi karantina massal disetiap Kecamatan, khususnya di Kecamatan Bunguran Timur.

Ketua Pemuda Pancasila Natuna, Fadillah, menyebutkan, bahwa dengan sudah tidak beroperasinya penerbangan komersil dan transportasi laut, yang membawa penumpang dari dan ke Natuna per tanggal 22 April 2020 kemarin, pihaknya berharap Natuna bebas dari wabah Covid-19.

“Pada tanggal 6 Mei nanti tepat 14 hari pemberhentian arus transportasi udara dan laut dari dan ke Natuna. Artinya Natuna sudah boleh dikatakan terbebas dari virus corona. Memang ini yang kita harapkan bersama,” kata Fadillah.

Untuk itu pihaknya berharap setelah itu seluruh akses keluar masuk Natuna harus tetap ditutup, supaya tidak ada lagi terjadi keluar masuk orang dari dan ke Daerah Ujung Utara NKRI tersebut.

“Kita ingin aktifitas masyarakat kembali berjalan normal seperti sedia kala,” harap Fadillah, diamini seluruh pimpinan Ormas dan OKP yang hadir.

Pria asal Kecamatan Serasan itu juga meminta agar Pemerintah Daerah melalui Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, segera menyiapkan lokasi karantina massal disetiap Kecamatan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya warga yang baru datang dari luar daerah terpapar corona.

“Kita ingin daerah kita tetap aman dari penyebaran Covid-19, sehingga status zona hijau bisa tetap dipertahankan,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Pemuda Muslimin Indonesia (Pemuda Muslim) Kabupaten Natuna, Sugianto Utomo, meminta Pemerintah Daerah dapat melakukan transparansi anggaran Penanganan Covid-19 senilai Rp 15 milyar yang telah disiapkan.

“Karena banyak masyarakat yang bertanya tentang anggaran tersebut,” cetus Yanto, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Natuna, Syawal Saleh, berjanji akan segera menyampaikan segala usulan yang disampaikan oleh sejumlah perwakilan Ormas dan OKP kepada Ketua Satgas, yaitu Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal.

“Terimakasih kepada rekan-rekan dari Ormas dan OKP, yang telah peduli dengan penanggulangan Covid-19 didaerah kita. Mudah-mudahan nanti Satgas bisa melibatkan Ormas dan OKP untuk bersama-sama menangkal Covid-19 di Kabupaten Natuna,” tutur Syawal.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Natuna, Komunitas Muda Natuna (Komuna), Pemuda Pancasila, Pemuda Muslim, Ikatan Keluarga Kalimantan Barat (IKKB), Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) STAI Natuna dan Karang Taruna setempat. (Erwin)

Sumber : https://sinarperbatasan.com/2020/05/05/ormas-okp-temui-satgas-covid-19-natuna-minta-siapkan-lokasi-karantina-massal-di-kecamatan/